15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Pengobatan

Khasiat Kulit Manggis

Manfaat Buah & Sayur – Manggis merupakan sejenis tanaman yang memiliki buah yang juga bernama sama, yaitu manggis. Tanaman yang memiliki nama latin Garcinia mangostana L. ini diyakini sebagai tanaman asli Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan buah manggis? Anda pernah mengkonsumsi buah manggis? Mungkin saja hanya sedikit orang yang tidak kenal dengan buah kaya manfaat ini, bahkan buah yang memiliki rasa manis dengan kulit hitam keunguan ini sangat dikenal di manca negara. Betapa tidak, buah manggis diketahui memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang sangat tinggi. Kita patut bangga karena buah asli nusantara ini terkenal sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi didunia. Uniknya, kandungan tersebut lebih banyak terdapat pada kulit buah manggis, sedikit berbeda dengan buah-buahan lainnya. Manfaat kulit manggis yang paling dikenal adalah sebagai anti kanker. Saat ini sudah banyak diproduksi obat alami dari ekstrak kulit manggis yang banyak beredar di pasaran.

Manfaat dan Khasiat Kulit Manggis

Kulit Manggis


Kandungan Kulit Manggis

Manfaat dan khasiat ekstrak kulit manggis untuk kesehatan sudah lama diketahui, kandungan senyawa xanthone yang ada didalamnya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit berat. Selain itu kulit manggis juga mengandung tanin, antosianin dan asam fenolat. Kandungan lainnya adalah air sejumlah 62.05%, karbohidrat 35.61%, protein 0.71% dan lemak 0.63%. Yang membuat kulit manggis fenomenal dan diakui dunia adalah kandungan xanthone yang ada didalamnya. Zat tersebut merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Berikut ini 15 khasiat dan manfaat kulit manggis untuk pengobatan :

1. Sebagai Obat Anti Radang

Kulit manggis mengandung zat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang sangat kuat. Zat anti-inflamasi diketahui berkhasiat dalam meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh seperti radang sendi, radang tenggorokan, radang gusi dan gangguan peradangan lainnya.

Baca juga  20 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Mengatasi Wasir

Ekstrak kulit manggis baik dikonsumsi oleh penderita wasir yang sedang menjalani masa pengobatan. Zat yang terkandung pada kulit manggis diketahui mampu membantu meringankan penyakit wasir.

3. Mencegah Penyakit Syaraf

Gangguan kesehatan pada syaraf atau kelainan pada syaraf (parkinson) ternyata bisa dicegah dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis. Mengkonsumsi ekstrak kulit manggis secara teratur diketahui mampu menurunkan resiko penyakit parkinson secara signifikan.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Antioksidan pada kulit manggis dikenal sangat kuat, selain mampu menangkal radikal bebas antioksidan juga memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas). Jika seseorang memiliki imunitas yang baik, seseorang tersebut tidak akan mudah terinfeksi berbagai jenis penyakit.

5. Mengatasi Alzheimer dan Dimensia

Khasiat luar biasa lainnya dari kulit manggis adalah mengatasi alzeimer dan dimensia. Diketahui resiko penyakit alzeimer dan dimensia menurun pada seseorang yang secara teratur mengkonsumsi ekstrak kulit manggis.

6. Sebagai Obat Anti Kanker

Kulit manggis diketahui mengandung senyawa xhantone, senyawa ini bersifat anti proliferasi danapoptosis yang mampu menghancurkan sel-sel kanker. Senyawa tersebut juga berkhasiat dalam mencegah penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh. Diketahui ekstrak kulit manggis merupakan herbal yang paling ampuh mengobati kanker jika dibandingkan dengan buah dan herbal lainnya.

7. Sebagai Anti-Aging

Antioksidan yang terkandung didalam kulit manggis berkhasiat dalam pencegahan penuaan dini (anti-aging). Zat yang terdapat pada kulit manggis diketahui memiliki kemampuan dalam meregenerasi sel-sel kulit mati.

8. Menurunkan Berat Badan

Ekstrak kulit manggis diketahui berkhasiat dalam membantu menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, cobalah untuk mengkonsumsi ekstrak kulit manggis secara teratur.

9. Mencegah Serangan Jantung

Ekstrak kulit manggis juga berkhasiat untuk mencegah penyakit berbahaya lainnya, yakni penyakit jantung. Hal ini berkaitan erat dengan peran akstrak kulit manggis dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi serta melancarkan aliran darah.

Baca juga  11 Jenis Tanaman Herbal Untuk Obat Mata

10. Meningkatkan Stamina

Kulit manggis selain berkhasiat dalam pengobatan juga bermanfaat dalam meningkatkan stamina, meningkatkan energi serta mengurangi rasa lelah.

11. Mengobati Gangguan Pernafasan

Ekstrak kulit manggis berkhasiat mengatasi beberapa jenis gangguan pada pernafasan dan paru-paru, antara lain membasmi TBC, mencegah infeksi paru-paru, mengatasi sesak nafas dan mencegah infeksi sistem pernafasan.

12. Mengobati Diare

Ekstrak kulit manggis berkhasiat juga untuk mengatasi diare serta memiliki manfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Zat-zat yang terkandung didalam kulit manggis diketahui ampuh untuk membunuh bakteri penyebab diare. Kulit manggis juga berkhasiat mencegah radang usus, menurunkan resiko penyakit GERD dan mencegah gangguan kesehatan pada pencernaan lainnya.

13. Melancarkan Haid

Manfaat ekstrak kulit manggis bagi wanita salah satunya adalah dalam hal mengatasi masalah haid. Kulit manggis berkhasiat dalam mengatasi rasa nyeri saat haid, melancarkan haid serta mengatasi haid yang tidak normal.

14. Menyembuhkan Luka

Ekstrak kulit manggis berkhasiat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka baru.

15. Mengobati Diabetes

Alangkah baiknya bagi penderita diabetes jika mengkonsumsi ekstrak kulit manggis. Karena zat-zat pada kulit manggis mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan jika dikonsumsi secara teratur.

Meskipun kulit manggis adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan, namun tidak tertutup kemungkinan bisa menimbulkan efek samping bagi orang-orang tertentu. Bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif mengkonsumsi kulit manggis bisa menimbulkan gatal-gatal, kulit bersisik, kulit memerah, atau bengkak ringan. Kulit manggis juga bisa menyebabkan sakit kepala, mual dan nyeri sendi. Akan tetapi efek samping tersebut tidak begitu membahayakan, asalkan dikonsumsi sesuai aturan dan tidak berlebihan. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi kulit manggis. Demikian 15 manfaat penting kulit manggis untuk kesehatan, semoga bermanfaat….

Baca juga  27 Khasiat dan Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Salam mitalom !!!

loading...