15 Manfaat Krokot Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Obat – Tanaman Krokot (Portulaca) merupakan tanaman liar yang bisa hidup dimana saja, baik pada tanah subur, tanah tandus maupun tanah berbatu. Baik tidaknya kualitas tanaman krokot dipengaruhi oleh kondisi tanah tempat tumbuhnya. Jika tumbuh pada tanah subur tanaman krokot berdaun lebar, lebat dan berwarna hijau segar. Dan jika tumbuh pada tanah tandus, tanaman krokot berdaun lebih kecil dan daun agak menguning.

Manfaat Krokot

Krokot

Tanaman krokot yang tumbuh disekitar tanaman sering dianggap gulma dan diabaikan begitu saja. Padahal segala ciptaan Tuhan Sang Pencipta alam semesta selalu memiliki manfaat bagi manusia. Semua bagian tanaman krokot memiliki manfaat yang begitu besar bagi tubuh manusia. Daun krokot dapat dikonsumsi sebagai lalapan atau diolah sebagai sayur. Biji dari tanaman ini biasanya digunakan sebagai minuman kesehatan. Daun dan batang krokot memiliki rasa sedikit asin, asam dan renyah.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Daun dan batang tanaman krokot mengandung omega 3, asam alfa-linolenat dan asam lemak. Kandungan asam lemak pada krokot lebih tinggi daripada ikan. Daun krokot adalah sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin A tertinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Tanaman krokot juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks (karotenoid, prydoxine, riboflavin dan niacin). Selain itu, krokot juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, besi serta magnesium. Pada tanaman krokot juga tersimpan pigmen betalain alkaloid serta pigmen beta xanthins. Kedua pigmen tersebut bermanfaat sebagai antioksidan serta anti-mutagenik yang baik. Kandungan mineral dan vitamin pada tanaman krokot tersebut memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan

Baca juga  62 Cara Cepat Menurunkan DARAH TINGGI Secara Alami dan Cara Membuat Ramuannya (Page 2)

1). Mengurangi resiko serangan stroke dan penyakit jantung.

2). Mengurangi resiko autisme dan mencegah perkembangan ADHD.

3). Sebagai antioksidan alami yang sangat baik.

4). Menyehatkan mata.

5). Mengurangi resiko penyakit kanker rongga mulut.

6). Mencegah penyakit paru-paru.

7). Melancarkan peredaran darah.

8). Mengobati bisul dan peradangan (bengkak).

9). Menghilangkan sakit badan atau pegal-pegal.

10). Mengobati sakit kuning.

11). Mengobati wasir.

12). Mengobati gangguan saluran kencing (melancarkan air seni).

13). Mengobati desentri dan radang usus buntu.

14). Menurunkan demam.

15). Penawar bisa gigitan lipan.

Cara Mengkonsumsi Krokot

Krokot dapat dikonsumsi dengan cara merebus segenggam (daun dan batang) dengan 3 gelas air. Rebus sampai mendidih hingga tersisa satu gelas. Kemudian diminum 3 x sehari secara teratur. Untuk mengobati bisul, radang dan gigitan lipan : ambil daun dan batang krokot secukupnya kemudian ditumbuk halus dan ditempelkan atau dioleskan secara teratur pada luka. Krokot juga dapat dikonsumsi seperti minum teh, dengan cara mengeringkan daun dan batang krokot kemudian diseduh dengan air panas dan madu. Semoga bermanfaat…

Baca juga :
14 Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Pengobatan
21 Manfaat dan Khasiat Ashitaba Untuk Kesehatan
Salam mitalom !!!

Loading...