15 Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Jantung Pisang

Manfaat Buah & Sayur – Jantung pisang adalah bunga dari tanaman pisang, bentuknya mirip jantung dan memiliki warna merah tua. Jantung pisang biasa dimanfaatkan sebagai sayuran, urap dan banyak juga yang mengolah jantung pisang sebagai dendeng atau abon. Olahan masakan jantung pisang memang lezat, tapi sayangnya masih banyak juga yang tidak suka dengan sayuran kaya serat yang satu ini. Padahal jika anda tahu khasiat dari jantung pisang, anda pasti akan menyesal karena tidak menyukainya. Sejak jaman nenek moyang dulu, jantung pisang dikonsomsi untuk memperbanyak produksi ASI bagi ibu-ibu menyusui. Jantung pisang juga kaya akan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Kandungan Gizi Jantung Pisang

Jantung pisang memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizi dan vitamin yang ada didalamnya. Jantung pisang diketahui mengandung vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Didalam jantung pisang juga terkandung beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain zat besi, kalsium dan fosfor. Pada setiap 25 gram jantung pisang diketahui mengandung karbohidrat 7.1 gram, kalori 31 kkal, lemak 0.3 gram, dan senyawa protein sebanyak 1.2 gram.

Manfaat Jantung Pisang

Gambar : Jantung Pisang


Berikut ini 15 manfaat penting mengkonsumsi jantung pisang :

1. Sebagai Obat Malaria

Jantung pisang ternyata bisa digunakan sebagai obat malaria. Caranya kupas kulit luar jantung pisang, benam pada bara api selama -/+ 25 menit. Setelah dingin parut dan peras untuk mengambil airnya. Saring dan tambahkan sedikit asam, kemudian diminum.

2. Menyehatkan Pencernaan

Jantung pisang merupakan sayuran yang sangat kaya akan serat. Seperti kita ketahui bahwa setiap makanan yang mengandung serat sangat
baik bagi sistem pencernaan.

Baca juga  10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

3. Mencegah Kanker

Jantung pisang mengandung antioksidan, dimana antioksidan berperan dalam menangkal efek radikal bebas. Radikal bebas mengakibatkan kerusakan kinerja organ, kerusakan sel-sel tubuh dan pemicu tumbuhnya sel kanker.

4. Mencegah Penyakit Gondok

Jantung pisang diketahui mengandung yodium. Yodium berkhasiat dalam mencegah penyakit gondok.

5. Sebagai Obat Diare

Jantung pisang bermanfaat sebagai obat diare, caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengkonsumsi jantung pisang yang sudah dimasak. Bisa disayur atau dibuat urap.

6. Mencegah Stroke

Mengkonsumsi jantung pisang ternyata sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat mencegah penyakit stroke.

7. Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Jantung pisang adalah sumber makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengkonsumsi jantung pisang secara rutin diketahui efektif menurunkan kadar gula dalam darah.

8. Mencegah Penuaan Dini

Jantung pisang mengandung flavanoid yang berperan dalam perbaikan sel-sel yang rusak dan sebagai anti radikal bebas.

9. Mencegah Kolesterol

Mengkonsumsi jantung pisang bekhasiat untuk mencegah naiknya kadar kolesterol. Hal ini karena jantung pisang merupakan sumber makanan rendah lemak dan zat-zat yang ada didalamnya diketahui mampu mengikat lemak jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

10. Baik Untuk Ibu Menyusui

Manfaat jantung pisang untuk meningkatkan produksi ASI sudah diketahui sejak jaman dahulu. Karena itu jantung pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang menyusui.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi jantung pisang. Jantung pisang mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori, mengkonsumsi jantung pisang juga memiliki efek kenyang lebih lama sehingga anda bisa menunda keinginan untuk makan.

12. Mencegah Penggumpalan darah

Jantung pisang diketahui memiliki sifat anti-koagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah sekaligus memperlancar peredaran darah.

Baca juga  15 Manfaat Krokot Untuk Kesehatan

13. Mencegah Infeksi

Jantung pisang berkhasiat untuk mencegah terjadinya infeksi. Kandungan etanol yang ada pada jantung pisang berkhasiat dalam menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi.

14. Mengontrol Menstruasi

Jantung pisang diketahui dapat mengontrol dan memperlancar keluarnya darah menstruasi. Hal ini karena jantung pisang memiliki kemampuan dalam mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah saat haid.

15. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Jantung pisang mengandung zat besi yang berperan dalam produksi sel-sel darah merah atau hemoglobin.

Demikian 15 khasiat dan manfaat jantung pisang untuk kesehatan. Tanaman pisang itu memang luar biasa ya, semua bagiannya bermanfaat. Mulai dari akar, bonggol, batang atau gedebog, daun, buah hingga jantungnya bisa kita manfaatkan. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...