15 Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Kemangi

Manfaat Buah & Sayur – Kemangi (Ocimum basilicum) merupakan tumbuhan perdu yang mampu hidup bertahun-tahun, tanaman ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Daunnya biasa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan masakan, seperti gulai, bumbu pepes, asam pedas atau dimakan sebagai lalapan. Lain lagi dengan masyarakat Manado, mereka menambahkan kemangi pada masakan khas mereka yaitu bubur. Kemangi oleh masyarakat pulau Jawa dikenal juga dengan sebutan surawung, sementara masyarakat minangkabau menyebut kemangi dengan nama ruku-ruku. Daun kemangi banyak disukai karena aromanya yang khas, ada yang bilang aromanya bisa membangkitkan selera makan. Itu katanya, kalau saya sendiri justru karena aromanya itu saya tidak suka kemangi. Hehehe…itu dulu sebelum tahu manfaatnya, sekarang beda lagi saya mulai menyukai kemangi, terutama kalau untuk bumbu pepes ikan. Anda suka mengkonsumsi kemangi? Anda beruntung karena banyak khasiat kesehatan yang anda dapatkan dari daun kemangi.

Kandungan Gizi Daun Kemangi

Kemangi selain enak dikonsumsi, meskipun rasanya agak getir dan sedikit pahit ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Daun kemangi diketahui mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin B, zat besi, kalsium dan fosfor. Dan yang membuat daun kemangi luar biasa adalah sifat antioksidan dan sifat anti bakterinya. Aromanya yang khas dan juga menandakan bahwa daun kemangi mengandung minyak atsiri. Berikut tabel kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram daun kemangi segar.

15 Khasiat & Manfaat Daun Kemangi

khasiat daun kemangi

Gambar daun kemangi


1. Betakaroten (provitamin A) dan vitamin C yang terdapat pada daun kemangi berperan dalam menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas tubuh, sintetis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

2. Magnesium berperan dalam membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, serta memperlancar aliran darah.

3. Vitamin C pada daun kemangi berkhasiat sebagai antioksidan, membantu penyerapan kalsium dan besi, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka, dan memelihara elastisitas kulit.

4. Daun kemangi juga mengandung fosfor, berperan dalam menjaga kesehatan tulang, mempengaruhi pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, serta mengatur keseimbangan asam dan basa.

5. Kalsium yang terdapat pada daun kemangi berperan penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, serta membantu mengaktifkan reaksi enzim.

6. Pada daun kemangi juga terdapat kolagen, yaitu senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel disemua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit dan urat otot (tendon).

7. Pada daun kemangi terdapat juga komponen non gizi seperti senyawa flavanoid dan eugenol, arginin, anetol, boron dan minyak atsiri. Flavanoid dan eugenol berkhasiat sebagai antioksidan sebagai penetral radikal bebas, menetralkan kolesterol dan bersifat anti kanker.

8. Minyak atsiri yang terdapat pada daun kemangi berperan sebagai anti mikroba, terutama fenol.

9. Eugenol berkhasiat dalam mencegah dan membunuh jamur penyebab keputihan pada wanita.

10. Komponen flavanoid seperti cineole, myrcene dan eugenol bermanfaat sebagai antiinflamasi dan antibiotik alami.

11. Anetol dan boron dapat merangsang kerja hormon estrogen dan androgen, keduanya berperan penting dalam sistem reproduksi wanita. Anetol dan boron juga berkhasiat mencegah tulang keropos.

Baca juga  12 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

12. Minyak atsiri dapat mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit, seperti Staphylococcus aureus, Salmonella enteritidis, dan Escherichia coli. Minyak atsiri juga dapat menangkal infeksi akibat virus Basillus subtilis, Salmonella paratyphi, dan Proteus vulgaris.

13. Komponen tanin dan seng pada daun kemangi bemanfaat untuk mengurangi sekresi cairan vagina.

14. Kaum pria sebaiknya menyukai dan mengkonsumsi daun kemangi, sebab pada daun kemangi terdapat arginin yang berperan dalam memperkuat daya tahan sperma dan mencegah kemandulan.

15. Komponen flavanoid seperti vicenin dan orientin pada daun kemangi berperan dalam melindungi struktur sel-sel tubuh. Sementara asam amino triptofan berkhasiat dalam menunda menopause.

Demikian 15 manfaat dan khasiat mengkonsumsi daun kemangi bagi kesehatan. Alangkah beruntungnya bagi anda yang suka mengkonsumsi daun kemangi, baik sebagai lalapan maupun sebagai bumbu masakan. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...