14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Khasiat & Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Buah dan Sayur – Seperti sayuran hijau pada umumnya, kangkung juga memiliki khasiat untuk kesehatan jika dikonsumsi. Sayuran kangkung banyak digemari karena rasanya yang lezat. Sayuran kangkung bisa diolah dengan berbagai macam olahan seperti ditumis, dibuat cah kangkung, di oseng dan sebagainya. Sebagai salah satu dari berbagai jenis sayuran hijau, kangkung memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh. Sayuran kangkung mengandung bermacam-macam mineral dan vitamin, seperti serat, selenium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin, B dan vitamin C.

Kandungan Gizi dan Manfaat Sayur Kangkung

Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan


Kandungan Gizi Sayur Kangkung

Dalam setiap 100 gram sayuran kangkung mengandung ;
– Energi = 29 kkal
– Protein = 3 gr
– Lemak = 0,3 gr
– Karbohidrat = 5,4 gr
– Kalsium = 73 mg
– Fosfor = 50 mg
– Zat Besi = 3 mg
– Vitamin A= 6300 IU
– Vitamin B1 = 0,07 mg
– Vitamin C = 32 mg.

Khasiat dan Manfaat Sayuran Kangkung

1. Mencegah Anemia

Dalam 100 gram kangkung segar mengandung sekitar 2,5 mg zat besi. Zat besi berkhasiat untuk menambah hemoglobin, sehingga mengkonsumsi kangkung dapat mencegah gejala kekurangan darah atau anemia.

2. Melancarkan Air Seni

Sayuran kangkung berkhasiat untuk melancarkan air seni. Caranya dengan merebus kangkung secukupnya dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa hanya 1 gelas. Minum air rebusan tersebut 1 hari sekali secara rutin.

3. Sebagai Anti Parasit Usus

Mengkonsumsi kangkung mentah-mentah dapat mengeluarkan cacing parasit (fasciolopsis buski) dalam usus. Cacing ini adalah hewan penyebab penyakit fasciolopsiasis.

4. Mencegah Diabetes Melitus

Ekstrak kangkung ternyata bisa menyerap kelebihan gula dalam darah. Dengan demikian mengkonsumsi sayur kangkung dapat mencegah penyakit diabetes melitus.

5. Mengatasi Mimisan

Seikat sayur kangkung dicuci hingga bersih, kemudian diblender atau ditumbuk hingga halus. Seduh dengan 200 ml air panas dan tambahkan sedikit gula aren, kemudian disaring. Setelah dingin minumlah 2 kali sehari.

Baca juga  Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

6. Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Anggapan yang berkembang bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk ternyata benar. Hal ini karena kangkung mengandung unsur sedatif yang bisa membuat orang mengantuk. Jika diantara anda ada yang mengalami insomnia, cobalah mengkonsumsi sayur kangkung. Selenium dan Zinc yang ada pada kangkung bisa membuat syaraf kendur dan lebih rileks. Keadaan ini akan membuat tidur lebih lelap dan pulas.

7. Baik Untuk Kesehatan Mata

Kangkung mengandung vitamin A yang berkhasiat untuk kesehatan mata. Jika ingin memiliki mata yang sehat, konsumsilah kangkung.

8. Mencegah Sariawan dan Gusi Berdarah

Sariawan dan gusi berdarah disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Karena itu, dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, mengkonsumsi kangkung dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah.

9. Mencegah Sembelit

Kangkung adalah sayuran yang mengandung serat. Serat bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan mencegah sembelit atau susah BAB.

10. Sebagai Antitoksin

Kangkung dapat digunakan untuk meringankan sakit bisul. Hal ini karena kangkung memiliki sifat anti racun (antitoksin).

11. Menangkal Virus Penyebab Flu Biasa

Kangkung mengandung vitamin C yang cukup tinggi, seseorang dengan asupan vitamin C yang cukup tidak akan mudah terserang virus influenza. Dengan demikian mengkonsumsi sayur kangkung dapat memberikan asupan vitamin C dan mencegah influenza.

12. Sebagai Antioksidan

Kangkung mengandung vitamin C yang cukup tinggi, dimana vitamin C berperan sebagai antioksidan dan penangkal efek radikal bebas.

13. Mencegah Haid Berlebihan

Sayuran kangkung dipercaya dapat menormalkan haid dan mengurangi haid yang berlebihan. Caranya, cuci bersih 500 gr kangkung segar diblender dengan air bersih 200 ml. Saring kemudian tambahkan 1 sdm madu. Kemudian diminum hingga habis, dan lakukan sehari sekali secara rutin.

14. Menghilangkan Ketombe

Sayuran kangkung juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Caranya cukup mudah, rendam sayuran kangkung secukupnya dengan air mendidih. Biarkan selama 1 malam, gunakan air rendaman tersebut untuk keramas. Lakukan secara rutin setiap hari sekali.

Baca juga  Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Demikian tentang kandungan gizi dan manfaat sayuran kangkung untuk kesehatan. Semoga bermanfaat…
Baca juga Cara Menanam Kangkung
Salam mitalom !!!

loading...