14 Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Pengobatan

Tanaman Kumis Kucing (Orthiphon aristatus)

Tanaman Obat – Tanaman kumis kucing (Orthiphon aristatus) merupakan tanaman herbal yang banyak terdapat di Indonesia. Sejak zaman dahulu tanaman kumis kucing sudah diketahui khasiatnya sebagai tanaman obat dan sudah banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Satu sumber mengatakan tanaman ini berasal dari benua Afrika, tapi sumber lain mengatakan hal yang berbeda bahwa kumis kucing merupakan tanaman obat asli Indonesia. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih dengan kelopak dan memiliki semacam rambut seperti kumis kucing. Oleh sebab itu tanaman ini dikenal dengan nama tanaman kumis kucing. Salah satu khasiat kumis kucing yang paling populer adalah sebagai peluruh air seni dan bagian tanaman yang paling banyak digunakan sebagai obat herbal adalah daunnya.

Manfaat Daun Kumis Kucing

Tanaman Kumis Kucing


Kandungan Senyawa Kimia Tanaman Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing mengandung banyak sekali senyawa kimia yang bermanfaat sebagai obat. Diantaranya adalah sinensetin, saponin, kalium, minyak atsiri, arthosiphonin glikosida, zat samak, mioinositol, sapofonin dan minyak lemak. Dengan kandungan berbagai senyawa kimia tersebut, tanaman kumis kucing diketahui ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Misalnya adalah mengobati keputihan, demam, infeksi saluran kencing, sakit pinggang dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Di Indonesia pada umumnya dikenal dengan nama tanaman kumis kucing, namun pada beberapa daerah memiliki nama berbeda misalnya remujung (jawa tengah & jawa timur), songot koneng (madura), dan giri-giri marah (sumatera).

Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

1. Mengobati Gatal – Gatal Akibat Alergi

Caranya dengan merebus segenggam daun kumis kucing, segenggam daun sambiloto, segenggam daun meniran, 4 rimpang temulawak (seukuran jari) dan 8 gelas air bersih. Semua bahan direbus sampai mendidih hingga tersisa 4 gelas air. Saring dan minum setelah dingin, 2 x sehari masing-masing 1 gelas.

Baca juga  Tentang Lamtoro dan Manfaatnya

2. Mengobati Penyakit Sipilis

Caranya dengan merebus segenggam daun kumis kucing dengan air 4 gelas. Rebus hingga tersisa 2 gelas saja, minumlah selagi hangat dan lakukan secara rutin 2 kali sehari.

3. Mengobati Penyakit Gula (Diabetes)

Untuk mengobati diabetes, minumlah air rebusan daun kumis kucing secara rutin 1 kali dalam sehari. Caranya dengan merebus 20 lembar daun kumis kucing dengan air bersih 2 gelas. Rebus hingga tersisa satu gelas, saring dan minum setelah dingin.

4. Melancarkan Air Seni

Jika anda mengalami gangguan saat buang air kecil, gunakan air rebusan daun kumis kucing untuk melancarkannya. Caranya dengan merebus 25 gram daun kumis kucing dengan 2 gelas air bersih. Rebus hingga mendidih dan minumlah secara teratur 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. Minumlah ramuan tersebut pada pagi dan sore hari.

5. Mengobati Kencing Batu

Untuk mengobati penyakit kencing batu gunakan 100 gram daun kumis kucing dan 300 ml air bersih. Rebus sampai mendidih hingga tersisa 150 ml saja. Minumlah 1/2 gelas secara teratur 3 kali dalam sehari.

6. Mengobati Rheumatik

Caranya dengan merebus 10 lembar daun kumis kucing dan daun meniran secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih. Saring dan minumlah setelah dingin, lakukan 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

7. Mengobati Sakit Pinggang

Untuk mengatasi sakit pinggang, ambil secukupnya daun kumis kucing dan akarnya. Cuci hingga bersih dan rebuslah dengan air bersih hingga mendidih. Setelah dingin minum ramuan tersebut satu kali dalam sehari.

8. Mengobati Radang Ginjal

Untuk mengatasi radang ginjal gunakan 100 gram daun kumis kucing segar yang direbus dengan 600 ml air bersih. Rebus sampai mendidih hingga tersisa 200 ml saja. Setelah dingin saring dan minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Baca juga  20 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9. Mengobati Sembelit / Susah BAB

Jika anda mengalami kesulitan saat BAB atau sembelit, ambil segenggam daun kumis kucing dengan air bersih secukupnya. Rebus hingga mendidih dan dinginkan. Setelah dingin minumlah air rebusan tersebut setidaknya 2 kali sehari.

10. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

Sediakan 100 gram daun kumis kucing segar dan cucilah hingga bersih. Kemudian ambil 50 gram daun kumis kucing tersebut, rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Dan sisanya diseduh dengan air panas (mendidih) secukupnya. Campurkan kedua ramuan tersebut, minumlah secara rutin 1 – 2 gelas dalam sehari.

11. Mengobati Keputihan

Khusus bagi kaum hawa yang mengalami masalah keputihan. Ambil segenggam daun kumis kucing, segenggam daun beluntas, 1 sendok teh jinten hitam, 10 biji kemukus, dan air bersih secukupnya. Rebus semua bahan hingga mendidih. Setelah dingin minumlah ramuan tersebut 2 kali dalam sehari, masing-masing 1 gelas.

12. Mengobati Batuk

50 gram daun kumis kucing direbus dengan 4 gelas air bersih. Rebus hingga mendidih, saring dan minumlah rebusan daun kumis kucing tersebut setelah dingin. Lakukan secara rutin 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

13. Mengatasi Masuk Angin

Segenggam daun kumis kucing direbus dengan 2 gelas air bersih. Rebus sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Saring dan minumlah setelah dingin.

14. Mengobati Asam Urat

10 lembar daun kumis kucing, daun meniran secukupnya dan air bersih 2 gelas. Rebus semua bahan sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum setelah dingin, lakukan 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Baca juga : 21 Manfaat dan Khasiat Ashitaba Untuk Kesehatan

Demikian kandungan senyawa kimia tanaman kumis kucing beserta manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!!

loading...
Loading...