12 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun Salam

Manfaat Buah & Sayur – Kalau anda orang Indonesia pasti anda selalu (atau setidaknya pernah) menambahkan daun salam pada masakan anda. Daun salam memiliki nama ilmiah sebagai Syzygium polyanthum, sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan masakan atau bumbu masakan. Karena itu tanaman salam digolongkan sebagai tanaman rempah yang hanya ada dan hanya digunakan sebagai bumbu masakan di Indonesia. Daun salam dalam bahasa Inggris disebut Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, dari namanya tersebut jelas bahwa tanaman ini asli tanaman nusantara. Tapi kabarnya daun salam juga digunakan dibeberapa negeri atau wilayah di Asia Tenggara. Daun salam sering ditambahkan sebagai pengharum pada masakan daging, ikan, sayur mayur maupun nasi. Daun salam memiliki aroma khas namun tidak begitu menyengat, daun salam bisa digunakan saat masih segar atau dikeringkan terlebih dahulu.

Kandungan Senyawa Daun Salam

Dan ternyata selain bermanfaat pada masakan, daun salam juga berkhasiat untuk pengobatan herbal. Daun salam bisa digunakan untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan seperti sakit perut, asam urat, kolesterol, stroke, radang lambung dan sebagainya. Khasiat daun salam tersebut dikarenakan adanya beberapa kandungan zat yang terdapat pada daun salam. Daun salam kering diketahui mengandung minyak esensial 0.17%, eugenol, metil kavikol, etanol, metanol, minyak atsiri, tannin dan flavanoid. Daun salam juga mengandung vitamin C, vitamin A, asam folat dan beberapa mineral.

Khasiat daun salam

daun salam


12 Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan

1. Sebagai Anti Jamur dan Bakteri

Daun salam memiliki kandungan etanol yang memiliki efek sebagai anti bakteri dan anti jamur. Sedangkan metanol yang terdapat pada daun salam berkhasiat sebagai anti cacing

2. Meredakan Rasa Sakit

Baca juga  Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram

Ekstrak daun salam dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada sendi, keseleo, rheumatik, arthritis dan strain. Hal ini karena daun salam memiliki sifat anti inflamasi yang berkhasiat mencegah peradangan dan rasa nyeri.

3. Obat Sakit Perut

Daun salam secara tradisional dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut dan dapat digunakan untuk menghentikan buang air besar yang berlebihan.

4. Obat Diabetes

Daun salam diketahui berkhasiat untuk mengobati diabetes type 2. Antioksidan yang terdapat pada daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin lebih efesien, sehingga baik untuk penderita diabetes.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Minyak dari ekstrak daun salam diketahui bermanfaat sebagai tonik rambut untuk mencegah rambut rontok. Minyak daun salam akan membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menkonsumsi rebusan daun salam sekali dalam sehari secara rutin ternyata berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Caranya dengan merebus 10 lembar daun salam segar dengan 600 ml air bersih. Diminum selagi hangat, satu kali dalam sehari.

7. Pencegah Kenker

Beberapa zat yang terdapat pada daun salam diketahui berkhasiat melawan beberapa jenis kanker. Zat-zat tersebut antara lain caffeic, eugenol, catechin dan quercetin.

8. Membantu Mengobati Infeksi Ginjal

Air rebusan daun salam diketahui berkhasiat untuk membantu mengobati infeksi pada ginjal. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun salam dengan air secukupnya. Rebus hingga mendidih, kemudian diminum selagi hangat 2 kali dalam sehari. Hal ini juga bermanfaat dalam mencegah pembentukan batu ginjal.

9. Mengobati Asam Urat

Daun salam bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Caranya dengan merebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air, rebus sampai mendidih hingga air tersisa hanya 250 ml. Minumlah selagi hangat, dua kali dalam sehari.

Baca juga  Tips Membersihkan Plak Gigi Dengan Daun Sirih

10. Obat Batuk

Daun salam bermanfaat untuk mengatasi gejala pilek, flu dan batuk serta gangguan pernafasan. Caranya dengan merendam beberapa lembar daun salam segar menggunakan air panas. Setelah beberapa menit gunakan air rendaman tersebut untuk mengompres dada menggunakan kain. Gunakan air rendaman selagi hangat.

11. Anti Inflamasi

Daun salam diketahui mengandung flavanoid yang bersifat anti inflamasi atau anti peradangan. Daun salam bisa digunakan untuk mengurangi peradangan pada lambung, radang gusi dan peradangan lainnya. Flavanoid juga berkhasiat membantu menormalkan tekanan darah sehingga sangat baik bagi penderita hipertensi.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi daun salam berkhasiat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Daun salam juga diketahui memiliki khasiat memperlancar peredaran darah serta mencegah stroke.

Demikian tentang “Manfaat & Khasiat” daun salam untuk pengobatan. Di setiap daerah di Indonesia daun salam memiliki sebutan yang berbeda-beda, misalnya orang Jawa, Sunda dan Madura menyebut dengan manting dan salam. Orang Melayu menyebut daun salam dengan nama ubar serai, sedangkan orang Sumatera menyebutnya meselengen. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...