1000 Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Tanaman ObatMengkudu (Morinda citrifolia) adalah tanaman buah tahunan dengan batang berkayu, dengan buah yang meiliki bentuk tidak beraturan dan berbintik-bintik diseluruh bagian kulit buah. Buah mengkudu merupakan buah herbal yang sejak lama digunakan sebagai obat alami berbagai macam penyakit. Buah mengkudu yang biasanya digunakan sebagai obat adalah buah yang sudah tua dan matang. Buah yang sudah matang ditandai dengan ciri-ciri kulit buah berwarna putih dan buah terasa lembek (empuk) jika ditekan.

Kandungan Buah Mengkudu

Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu


Buah mengkudu matang memiliki aroma tajam dan tidak sedap, karena itu banyak orang yang tidak menyukai buah ini. Padahal buah mengkudu memngandung berbagai macam zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di daerah Aceh banyak dijumpai tanaman ini, mengkudu banyak ditanam disekitar rumah atau pekarangan. Masyarakat aceh sudah terbiasa mengkonsumsi buah mengkudu, baik diolah sebagai sayur maupun dibuat rujak.

Kandungan Buah Mengkudu

Buah mengkudu merupakan buah yang memiliki kandungan gizi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut antara lain ; protein, vitamin dan berbagai macam mineral penting. Buah mengkudu juga mengandung senyawa-senyawa penting antara lain ; terpenoid, zat anti bakteri, zat anti radang, zat anti kanker, xeronine dan proxeronine.

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

1). Sebagai Obat Anti Radang

Buah mengkudu mengandung senyawa scolopetin yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah peradangan, seperti radang tenggorokan, radang kulit dan mengatasi masalah peradangan lainnya.

2). Obat Sakit Gigi

Bagi anda yang mengalami sakit gigi bisa mengkonsumsi buah mengkudu untuk mengobatinya. Buah mengkudu mengandung antibiotik yang bisa meringankan sakit gigi akibat bakteri.

3). Mengatasi Keracunan Makanan

Makanan yang telah kadaluarsa bisa menyebabkan keracunan jika dikonsumsi. Makanan tersebut telah mengandung banyak bakteri yang menyebabkan perut mual, pusing, muntah-muntah, muka pucat bahkan kematian. Jika hal itu terjadi, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan buah mengkudu. Zat anti bakteri pada buah mengkudu mampu mentralisir bakteri pada makanan yang telah masuk kedalam perut.

4). Mengobati Borok atau Korengan

Jika mengalami korengan atau borok yang tidak kunjung mengering dan sembuh, gunakan parutan buah mengudu untuk mengobatinya. Parut buah mengkudu yang telah matang kemudian tempelkan pada bagian yang luka.

Baca juga  Beragam Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan

5). Mengobati Penyakit Bronkitis

Bagi penderira bronkitis dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur. Zat anti bakteri pada buah mengkudu berkhasiat untuk mencegah dan membunuh bakteri yang menginfeksi paru-paru.

6). Mengurangi Rasa Sakit

Buah mengkudu bersifat analgesik yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Sakit kepala, nyeri sendi dan sakit gigi bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah mengkudu.

7). Sebagai Obat Ambeien

Buah dan daun mengkudu bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit ambeien. Rebus buah dan daun mengkudu dengan air bersih hingga mendidih. Setelah dingin (hangat kuku) minumlah secara teratur pagi dan sore.

8). Mengobati Tumor

Buah mengkudu mengandung antioksidan yang kuat dan bisa dimanfaatkan untuk mengobati tumor jinak. Zat antioksidan tersebut mampu melawan dan mengurangi penyebaran sel-sel tumor dalam tubuh.

9). Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan metil, asetil, asam kapril dan morindone pada buah mengkudu berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos (osteoporosis).

10). Sebagai Obat Diare

Penyakit diare disebabkan oleh bakteri salmonella dan e colli, untuk mengobatinya bisa menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab diare tersebut.

11). Mengatasi Luka Bakar

Jika mengalami luka bakar, atasi dengan buah mengkudu. Zat terpenoid pada buah mengkudu berperan untuk memperbaiki dan memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Karena itu buah mengkudu bisa digunakan untuk mengobati kerusakan kulit akibat luka bakar.

12). Menyehatkan dan Menghaluskan Kulit

Buah mengkudu bermanfaat untuk menghindari kulit bersisik akibat sel-sel kulit yang mati. Jika anda ingin memiliki kulit sehat dan halus, gunakan buah mengkudu sebagai masker. Lumatkan daging buah mengkudu tang telah matang, kemudian gunakan sebagai masker. Lakukan secara rutin agar kulit anda sehat dan licin.

13). Meredakan Demam

Parutlah buah mengkudu dan kunyit secukupnya, kemudian direbus hingga mendidih. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur agar demam segera reda.

14). Sebagai Sumber Energi

Kandungan protein pada buah mengkudu bermanfaat untuk mengurangi rasa lemas dan meningkatkan energi didalam tubuh. Konsumsilah buah mengkudu agar tubuh anda selalu segar dan bugar.

Baca juga  27 Khasiat dan Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

15). Sebagai Obat Desentri

Desentri bisa diobati menggunakan buah mengkudu. Zat anti bakteri pada buah mengkudu mampu melawan dan membunuh bakteri shigella dusenteriae penyebab desentri.

16). Mengobati Penyakit Maag

Sakit maag ditimbulkan karena lambung yang mengalami peradangan. Untuk mengatasinya bisa menggunakan buah dan daun mengkudu. Caranya dengan merebus buah dan daun mengkudu, kemudian meminum air rebusan tersebut secara teratur. Zat antiradang pada buah mengkudu mampu mengatasi peradangan pada lambung sehingga penyakit maag bisa diatasi.

17). Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada buah mengkudu bermanfaat untuk mengatasi masalah sistem pencernaan. Konsumsilah buah
mengkudu agar pencernaan anda sehat dan terhindar dari masalah seperti sakit perut, radang usus dan susah BAB.

18). Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu mengandung mineral, vitamin, peptida, asam amino dan enzim yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas tubuh). Vitamin E dan koenzim diperlukan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Seseorang yang memiliki imunitas tubuh yang baik akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

19). Mengobati Penyakit Gondok

Kelenjar tyroid yang mengalami pembengkakan disebut dengan gondok. Untuk mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Jika dikonsumsi secara teratur, kelenjer tyroid yang membengkak secara berangsur-angsur akan mengecil.

20). Untuk Obat Penyakit Kuning

Buah mengkudu bisa digunakan untuk mengobati sakit kuning. Caranya dengan meminum air perasan buah mengkudu dan madu. Ambil air buah mengkudu matang dengan cara memerasnya, kemudian tambahkan madu. Minumlah secara teratur sebanyak 3 kali sehari.

21). Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah mengkudu bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk menormalkan tekanan darah, buah mengkudu bisa dikonsumsi langsung atau dengan merebusnya. Lakukan secara teratur.

22). Anti Inflamasi

Buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang berperan untuk mencegah peradangan serta menurunkan resiko penyakit jantung.

23). Menurunkan Kolesterol

Zat xeronine dan proxeronine pada buah mengkudu mampu melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, minumlah secara teratur air rebusan buah mengkudu.

24). Melancarkan Peredaran Darah

Buah Mengkudu mengandung zat scopoletin. Zat tersebut berperan untuk mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah. Dengan demikian mengkonsumsi buah mengkudu bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Baca juga  Tips Membersihkan Plak Gigi Dengan Daun Sirih

25). Mencegah dan Mengobati Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Zat anti bakteri pada buah mengkudu mampu melawan bakteri jahat penyebab infeksi tersebut.

26). Mencegah Kanker

Senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu dapat berperan untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh. Serta kandungan zat anti oksidan bermanfaat untuk mencegah penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh.

27). Sebagai Obat Batuk

Buah mengkudu juga bermanfaat untuk mengobati batuk. Caranya, rebuslah buah mengkudu dan daun bujanggut hingga mendidih. Saring airnya dan minumlah 2 kali sehari secara teratur.

28). Mengobati Diabetes

Buah mengkudu mengandung zat proxeronine yang bermanfaat untuk mengobati diabetes. Baik diabetes kering maupun diabetes basah. Konsumsilah buah mengkudu agar anda terhindar dari resiko diabetes.

29). Mengobati Asam Urat

Zat iridoid dalam buah mengkudu bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Mengkonsumsi buah mengkudu berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat dan terhindar dari resiko gagal jantung dan stroke.

Catatan :

Buah mengkudu memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun demikian, mengkonsumsi buah mengkudu haruslah tetap berhati-hati dan jangan berlebuhan. Buah mengkudu juga tidak baik dikonsumsi oleh seseorang dalam kondisi tertentu, antara lain :

a. Wanita Hamil dan Menyusui, jangan mengkonsumsi buah mengkudu saat hamil dan menyusui. Karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan janin dan bayi.
b. Penderita Sakit Ginjal, kandungan kalsium yang tinggi pada buah mengkudu bisa menjadi masalah bagi seseorang yang menderita sakit ginjal. Karena itu jangan mengkonsumsi buah mengkudu jika anda memiliki riwayat sakit ginjal.
c. Penderita Sakit Liver, Buah mengkudu banyak dikaitkan dengan beberapa kasus kerusakan hati. Hindari mengkonsumsi mengkudu, jika memiliki penyakit gangguan fungsi hati.

Buah mengkudu memiliki sebutan beragam disteiap daerah, misalnya mengkudu, pace, kudu, kemudu (Jawa). Orang sunda menyebut cangkudu, orang madura menyebutnya kodhuk dan orang bali menyebut dengan nama tibah. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...