10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sirsak

Tanaman Obat – Sirsak atau nagka belanda dalam bahasa latin disebut Annona muricata L. adalah tumbuhan yang memiliki buah yang bernama sama, yaitu buah sirsak. Semua orang pasti tahu bahwa buah sirsak yang rasanya manis dan enak tersebut mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.Dan ternyata bukan buahnya saja yang berkhasiat, daun sirsak juga memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Manfaat daun sirsak semakin populer seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan bahayanya obat-obatan kimia. Daun sirsak diketahui memiliki kemampuan mengobati berbagai penyakit berat seperti kanker, asam urat, diabetes dan lain sebagainya. Selain dimanfaatkan sebagai obat alami, daun sirsak juga dimanfaatkan dalam bidang pertanian yaitu sebagai bahan pembuatan pestisida organik.

Kandungan Gizi Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung berbagai macam senyawa dan zat yang bermanfaat. Kandungan-kandungan tersebutlah yang membuat daun sirsak bermanfaat untuk mengobatai berbagai jenis penyakit ringan maupun berat. Berikut ini tabel kandungan gizi yang terdapat pada daun sirsak :

Tabel Kandungan Gizi Daun Sirsak
Lactones Isoquinoline Lipid
Annohexocina Anonaine Asam Gentisic
Annomuricina A. B. C dan E Anoniine Asam Lignoceric
Annomutacina Atherospermine CLA
Annopentocinas A. B dan C Coreximine Asam Stearat
Muricoreacina
Gigantetronemina
Murihexocina A dan C
Javoricina

Khasiat Daun sirsak

Daun Sirsak


10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun sirsak diketahui bermanfaat untuk menigkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Untuk menjaga kesehatan tubuh, minumlah rebusan daun sirsak. Caranya dengan merebus 5 lembar daun sirsak dengan 4 gelas air (-/+ 800 ml). Rebius sampai mendidih hingga tersisa satu gelas, kemudian dinginkan dan diminum.

2. Melawan Bakteri dan Virus

Daun sirsak diketahui efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan virus parasit penyebab penyakit. Meminum rebusan daun sirsak memiliki manfaat untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri dan virus.

Baca juga  Daun Kelor, Daun Ajaib Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

3. Mencegah Kanker

Dari beberapa literatur yang saya baca, daun sirsak memiliki kemampuan dalam menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker. Bahkan disebutkan juga bahwa kemampuan daun sirsak dalam menyembuhkan dan menghambat sel kanker lebih cepat dan lebih efektif daripada kemoterapi.

4. Mengobati Rheumatik

Daun sirsak berkhasiat untuk meringankan dan mengobati rasa nyeri artritis pada penderita rheumatik. Cara menggunakannya sederhana, yaitu dengan menumbuk/menghaluskan beberapa lembar daun sirsak kemudian tempelkan pada bagian yang terasa sakit. Biarkan sampai mengering, lakukan cara ini secara rutin dan teratur dua kali dalam sehari.

5. Mengobati Diabetes

Ekstrak daun sirsak memiliki manfaat untuk mengobati diabetes. Zat yang terkandung pada daun sirsak diketahui mampu menstabilkan kadar gula darah. Caranya, cuci hingga bersih 5 lembar daun sirsak, kemudian direbus dengan 600 ml air sampai mendidih hingga hanya tersisa sepertiganya saja. Minum air rebusan tersebut secara teratur pagi dan malam hari, lakukan secara rutin agar kadar gula darah cepat normal.

6. Mengobati Eksim

Penyakit kulit yang juga disebut eczema ternyata bisa diobati menggunakan daun sirsak. Caranya cuci bersih daun sirsak secukupnya, kemudian ditumbuk/dilumatkan. Oleskan pada kulit yang yang sakit, lakukan secara teratur dua kali dalam sehari.

7. Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut bisa dihilangkan dengan memanfaatkan daun sirsak. Rebus beberapa lembar daun sirsak hingga mendidih, setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk keramas. Biarkan selama beberapa menit, kemudian dibilas menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin sampai kutu rambut hilang secara total.

8. Mengatasi Sakit Pinggang

Jika anda mengalami sakit pinggang, coba gunakan ramuan tradisional ini untuk mengobatinya. Caranya cukup mudah, ambil 20 lembar daun sirsak, kemudian dicuci hingga bersih. Rebus dengan 1 liter air bersih sampai mendidih, biarkan sampai air hanya tersisa setengahnya saja. Minumlah air rebusan tersebut 1 kali sehari sebanyak 3/4 gelas sekali minum. Lakukan secara teratur sampai sakit pinggang anda hilang.

Baca juga  250 Jenis TANAMAN OBAT Lengkap dengan Manfaat dan Khasiatnya (Page 2)

9. Mengobati Asam Urat

Daun sirsak juga berkhasiat untuk mengobati asam urat. caranya ; ambil 10 lembar daun sirsak kemudian dicuci hingga bersih. Rebus dengan 1/2 liter air bersih sampai mendidih hingga hanya tersisa setengahnya saja. Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari, dan lakukan secara teratur.

10. Mengobati Bisul

Jika anda mengalami bisulan, coba manfaatkan daun sirsak untuk mengatasinya. Ambil daun sirsak muda secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih. Tumbuk atau lumatkan daun sirsak tersebut, kemudian tempelkan pada bisul dan biarkan sampai mengering. Lakukan secara teratur dan rutin untuk hasil yang maksimal.

Manfaat lain daun sirsak adalah untuk mencegah malaria, menghambat perkembangan parasit, mengurangi rasa nyeri, mengatasi peradangan, menurunkan demam, meningkatkan nafsu makan, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Demikian “10 manfaat daun sirsak untuk kesehatan“, semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...