10 Cabe Terpedas Di Dunia

Cabe Terpedas di Dunia

Artikel – Di negara kita Indonesia, cabe merupakan kebutuhan pokok yang nyaris wajib ditambahkan pada setiap masakan. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai penyuka masakan pedas. Karena jika tidak pedas, suatu masakan itu kurang nikmat katanya. Bahkan bagi orang-orang tertentu rasa pedas bisa menambah selera makan. Di negri kita, cabe yang biasa dibudidayakan adalah cabe merah atau cabe keriting dan cabe rawit. Cabe rawit memiliki tingkat kepedasan yang lebih dibandingkan cabe merah atau cabe keriting.

Namun cabe rawit yang ada di Indonesia ternyata tingkat kepedasan belum seberapa. Ada 10 jenis cabe di dunia yang dinobatkan sebagai cabe terpedas di dunia. Jangan mengaku penikmat masakan pedas, jika anda belum pernah mencoba cabe-cabe tersebut. Cabe-cabe tersebut memiliki tingkat kepedasan yang luar biasa. Bahkan tingkat kepedasannya mampu membakar lidah anda hanya dengan satu gigitan. Mau coba?

Berikut 10 cabe terpedas didunia tersebut :

1. MORUGA SCORPION

Cabe Terpedas Di Dunia

Moruga Scorpion


Cabe jenis ini menduduki peringkat nomor 1 sebagai cabe terpedas di dunia. Moruga Scorpion memiliki tingkat kepedasan atau SHU sebesar 2.009.231 skala scoville. Cabe ini memiliki rasa yang unik, antara manis dan pedas. namun jangan coba-coba untuk menelannya, karena saking pedasnya cabe ini bisa membuat lidah anda melepuh hanya dengan satu gigitan saja.

2. TRINIDAD SCORPION

Cabe Terpedas di Dunia

Trinidad Scorpion


Peringkat kedua diduduki oelh cabe Trinidad Scorpion, yang memiliki skala scoville sebesar 1.400.000 SHU. Walaupun memiliki SHU dibawah Moruga Scorpion, namun jangan berpikir untuk menyentuh cabe ini tanpa pelindung. Karena cabe Trinidad Scorpion ini memiliki efek panas yang luar biasa. Anda akan mengalami kesemutan dan rasa panas jika memasak cabe ini walaupun sudah memakai pelindung tangan. Dikatakan bahwa untuk memasak menggunakan cabe ini dibutuhkan pelindung lengkap seluruh badan.

Baca juga  Beragam Manfaat Sabut Kelapa

3. NAGA VIPER

Cabe terpedas didunia

Naga Viper


Cabe Naga Viper menduduki peringkat ketiga, dengan tingkat kepedasan 1.382.111 SHU. Naga Viper merupakan hasil persilangan dari tiga jenis cabe yakni Bhut Jolokia, Naga Morich dan Trinidad Scorpian. Banyak dibudidayakan di Cumbria. Sesaat setelah memakan cabe ini tidak akan terasa apapun, namun setelah itu perut anda serasa terbakar. Seseorang yang memakan cabe ini akan merasakan perut panas seperti terbakar selama kurang lebih satu jam. Dan menyebabkan perut luka dan merasakan sakit selaha seharian.

4. NAGA BHUT JOLOKIA (GHOST PEPPER)

Cabe Terpedas di dunia

Naga Bhut Jolokia)


Urutan keempat dipegang oleh Naga Bhut Jolokia, dengan tingkat kepedasan antara 330.000 – 1.000.000 SHU. Jenis cabe ini berasal dan banyak dibudidayakan di negara India. Konon di India cabe ini digunakan sebagai senjata, sari cabe Naga Bhut Jolokia digunakan sebagai grenade untuk membutakan mata musuh.

5. RED SAVINA HOBANERO

Cabe terpedas didunia

Red Savina Hobanero


Red Savina Hobanero berada di urutan kelima, dengan tingkat kepedasan 577.000 SHU. Karena kepedasannya, dikatakan bahwa seseorang yang menelan cabe ini akan meronta-ronta. Dikatakan juga Untuk membuat saus pedas sebanyak 579 kg hanya diperlukan 1 gram cabe Red Savina Hobanero. Cabe ini pernah menduduki rekor cabe terpedas didunia pada tahun 1994 – 2007.

6. INFINITY CHILLI PEPPER

cabe terpedas didunia

Infinity Chilli Pepper


Peringkat keenam dipegang oleh Infinity Chilli Pepper, dengan tingkat kepedasan 1.000.000 SHU. Varietas cabe ini konon dihasilkan dari persilangan tidak disengaja, dibudidayakan di Lincolnshire, England oleh Nick Woords. Seperti namanya “infinity” yang berarti tak terhingga, karena efek rasa pedasnya cukup lama seperti tidak berakhir.

7. SCOTCH BONNET PEPPER

cabe terpedas didunia

Cabe Scotch Bonnet Pepper


Scotch Bonnet Pepper menduduki urutan ketujuh, dengan skala 100.000 – 350.000 SHU. Kepedasannya mampu membuat anda
mengeluarkan air mata hanya dengan satu gigitan. Cabe ini banyak terdapat di kepulauan Carribean, Afrika Barat dan Amerika Serikat.

Baca juga  Formulasi Asam Lemak Mirip ASI dari Stearin Sawit dan Minyak Kelapa

8. BYADGI CHILLI

cabe terpedas didunia

Byadgi Chilli


Peringkat 8 dipegang oleh cabe Byadgi Chilli yang berasal dari Karnataka, India. Memiliki tingkat kepedasan pada skala 50.000 – 100.000 SHU. Byadgi Chilli diketahui memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E yang cukup tinggi. Cabe ini sangat populer di India, selain digunakan sebagai bumbu masakan juga dimanfaatkan untuk merawat kuku, semir dan lipstik.

9. MALAGUETA PEPPER

cabe terpedas didunia

Malagueta Pepper


Urutan 9 diduduki oleh cabe Malagueta Pepper, dengan tingkat kepedasan 60.000 – 100.000 SHU. Cabe ini banyak digunakan di negara Brazil, Portugal dan Mozambique. Berdasarkan ukuran buahnya, Malagueta Pepper memiliki 2 varian yaitu Malaguetinha (ukuran kecil) dan Malaguetao (ukuran besar).

10. CHILTEPIN PEPPER

cabe terpedas didunia

Chiltepin Pepper


Urutan terakhir adalah Chiltepin Pepper dengan skala kepedasan 50.000 – 100.000 SHU. Di Amerika Serikat dan Meksiko, cabe ini digunakan sebagai makanan, obat bahkan icon mistis. Dikedua negara tersebut, cabe ini dikonsumsi bersama asinan, keju, es krim dan difermentasi untuk pembuatan saus. Cabe ini disebut-sebut sebagai varietas cabe tertua didunia, dan dijuluki sebagai ibu dari segala cabe di dunia.

Skala SHU (Scoville Heat Unit) adalah skala yang digunakan untuk mengukur tingkat kepedasan cabe. Skala SHU atau disebut juga Skala Scoville ditemukan oleh Wilbur Scoville, seorang karyawan sebuah perusahaan farmasi Parke-Davis. Di Indonesia sendiri jenis-jenis cabe tersebut, beberapa diantaranya sudah banyak ditanam oleh para pehoby. Dikenal dengan sebutan cabe hias atau cabe unik.

(Dari berbagai sumber)

loading...